Bagian Bagian Mesin Cuci

Jika kita perhatikan secara seksama bagian dalam mesin, kita akan mengetahui mengapa mesin cuci sangat berat. Di dalam mesin ini terdapat motor penggerak, pemberat (dari beton) yang digunakan sebagai penyeimbang berat motor, roda gigi (gear box) dan tabung pencucian yang terbuat dari baja . Bagian-bagian itulah yang menyebabkan mesin cuci sangat berat.

Mesin cuci mempunyai dua tabung baja, yaitu: tabung bagian dalam dan tabung bagian luar. Tabung bagian dalam berfungsi sebagai tempat pakaian. Tabung ini mempunyai agitator pada tengahtengahnya dan pada dinding samping terdapat lubang-lubang kecil sehingga ketika tabung diputar cepat (spin) air bisa keluar. 

Tabung bagian luar, yang bertindak sebagai wadah air, menempel di badan mesin. Karena ketika mesin bekerja tabung-dalam selalu bergerak dan bergetar, tabung ini harus dipasang sedemikian rupa sehingga dapat bergerak secara bebas dan tidak bergesekan atau bersentuhan dengan bagian-bagian mesin yang lain. 

Tabung bagian dalam dipasang pada roda gigi, yang dipasang pada kerangka logam hitam . Kerangka ini memegang motor, roda gigi dan beton pemberat.

Ada tiga pulley, bila pulley sisi yang satu bergerak ke atas, yang pada sisi lain bergerak ke bawah. Sistem ini menopang bagian-bagian mesin yang berat, yang memungkinkan mereka bergerak sedemikian rupa sehingga tidak mengguncang mesin secara keseluruhan. 

Tetapi, bila bagian-bagian ini hanya menggantung pada kabel, mengapa tidak bergoyang ke kanan-ke kiri? Mesin cuci mempunyai sistem peredam (damper) yang menggunakan friksi untuk meredam gaya-gaya dari vibrasi (getaran). 

Pada masing-masing sudut dari mesin ada mekanik yang bekerja seperti cakram-rem (disc brake). Bagian yang dipasang pada kerangka mesin berupa sebuah pegas (Gambar 3.12). Pegas ini menahan dua bantalan ke lempenglogam yang dipasang pada kerangka hitam. Kita bisa melihat dimana bantalan-bantalan menjaga lempeng agar tidak bergerak selama mesin bervibrasi.


0 Response to Bagian Bagian Mesin Cuci

Post a Comment