Motor Satu Fasa dan Penggunaan dan Jenisnya

Motor satu fasa umumnya dibuat dengan daya yang kecil (fractional horse power), konstruksinya juga relatif sederhana, walaupun demikian motor jenis ini tidak terlalu mudah untuk dianalisa. Motor satu fasa banyak digunakan pada peralatan rumah tangga dan industri, seperti refrigerator, pompa air, mesin cuci, mesin jahit, dan lain-lain. 

Jenis Motor Satu Fasa

1. Motor Induksi Satu Fasa 
Motor jenis ini diklasifikasikan berdasarkan metoda yang digunakan untuk pengasutannya dan mengacu pada nama metoda yang digunakannya, seperti resistance start (split phase), capacitor-start, capacitorrun, dan shaded pole. 

2. Motor Seri Satu Fasa (Universal) 
Motor seri satu fasa dapat digunakan dengan dua macam jenis arus, yaitu arus searah (dc) dan arus bolak-balik (ac). Motor jenis ini mampu memberikan torsi asut yang tinggi dan beroperasi pada kecepatan tinggi. Motor universal banyak digunakan pada peralatan rumah tangga dan peralatan yang bersifat portable.

3. Motor Sinkron Satu Fasa
Tipe motor sinkron satu fasa berputar pada kecepatan konstan dan digunakan pada peralatan yang membutuhkan kecepatan konstan seperti jam. Ada dua tipe motor sinkron yang umum digunakan, yaitu reluctance motor dan hysterisis motor 

0 Response to Motor Satu Fasa dan Penggunaan dan Jenisnya

Post a Comment